ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI PADA SIKAP DENGAN KOMBINASI SERVQUAL DAN METODE KANO DALAM QFD

  • Agustina Srirahayu Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Ema Utami Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Asro Nasiri Universitas AMIKOM Yogyakarta
Keywords: SIKAP, Servqual, Kano, QFD

Abstract

SIKAP adalah sistem informasi yang digunakan untuk manajemen proses skripsi, TA dan Kerja Pratik (KP), hanya proses manajemen KP saja yang digunakan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui atribut yang menjadi prioritas terhadap kebutuhan SIKAP dengan pendekatan sesuai kebutuhan pengguna melalui kombinasi Servqual, metode Kano, dan Quality Function Deployment (QFD). Batasan penelitian antara lain identifikasi atribut penelitian menggunakan Servqual dengan 5 dimensi, yaitu : tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy untuk menghasilkan atribut dari SIKAP. Servqual dikombinasikan dengan metode Kano yang mempunyai 5 kategori, dengan hasil berupa kuesioner. Pengumpulan data dari 123 responden melalui kuesioner functional menghasilkan nilai harapan, sedangkan kuesioner dysfunctional menghasilkan nilai persepsi. Selisih dari nilai harapan dan nilai persepsi menghasilkan gap score. Gap score dikombinasikan dengan kategori dari Kano menghasilkan atribut perbaikan (weak attribute). Respon teknis dari QFD menghasilkan atribut yang akan diprioritaskan perbaikan terlebih dahulu.

Hasil perhitungan gap score terdapat 27 atribut pelayanan masuk dalam kualitas weak. Penentuan kategori dengan Blauth’s formula menghasilkan 4 atribut masuk kategori attractive, 6 atribut masuk kategori one dimentional dan 15 atribut masuk kategori must-be yang artinya diperlukan improve. Hanya 1 atribut yang masuk dalam kategori indifferent.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-06
Section
Artikel