Analisis Dampak Chatgpt Terhadap Kreativitas Dan Produktivitas Siswa Dalam Penulisan Naskah Broadcasting
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan teknologi AI, khususnya ChatGPT, dalam penulisan naskah broadcasting pada penugasan siswa. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana AI dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas siswa dalam penulisan naskah, sekaligus mengidentifikasi tantangan dan keterbatasan yang timbul dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur, mengumpulkan dan menganalisis berbagai jurnal yang membahas penerapan AI dalam dunia broadcasting dan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam penulisan naskah dapat meningkatkan efisiensi, memperkaya ide kreatif, dan mempercepat proses produksi naskah. Namun, tantangan terkait etika, bias algoritma, dan keterbatasan pemahaman konteks dalam AI tetap menjadi masalah yang perlu diatasi. Kesimpulan utama adalah bahwa meskipun AI dapat mendukung siswa dalam menghasilkan naskah yang lebih variatif dan cepat, pengawasan manusia tetap diperlukan untuk menjaga kualitas, orisinalitas, dan relevansi naskah yang dihasilkan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi besar dan tantangan AI dalam pendidikan broadcasting
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.