KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDY KASUS SMK BATIK 1 SURAKARTA)

  • Norma Puspitasari
Keywords: Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Gurum Studi

Abstract

Peranan kepala sekolah sebagai manajer dalam mengelola sekolah merupakan faktor kunci
keberhasilan sekolah termasuk meningkatkan kinerja guru. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan
pada kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan SMK Batik 1 Surakarta dengan menggunakan
rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : (1) wawancara
mendalam (in-depth interview), (2) pengamatan terlibat (observation participation), dan (3)
dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik pusposive sampling yang dipadukan
dengan snowball sampling. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut diorganisir, ditafsirkan,
dan di analisis dalam kasus (within analysis) maupun analisis lintas kasus (cross case analysis).
Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, verifikasi data/cross check, dan pengecekan
mengenai kecukupan referensi.
Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan yang dilakukan oleh kepala
SMK Batik 1 Surakarta meliputi: (a) Perencanaan berdasarkan visi, misi, tujuan sekolah, dan
kebutuhan (need assesment), (b) Melibatkan seluruh unsur civitas akademika sekolah, (c)
Melakukan rekrutmen guru GTT baru dan melakukan analisis jabatan pekerjaan, (2)
Pengembangan yang dilakukan oleh kepala SMK Batik 1 Surakarta meliputi: (a) Mengikutkan
dalam diklat, seminar, maupun workshop, (b) Studi lanjut, (c) Revitalisasi MGMP, (d) Membentuk
forum silaturrahim antar guru, (e) Meningkatkan kesejahteraan guru, (f) Penambahan fasilitas
penunjang, (g) Mengoptimalkan bimbingan konseling, (h) Studi banding ke sekolah/sekolah lain,
dan (i) sertifikasi guru. Sedangkan evaluasi yang dilakukan oleh kepala SMK Batik 1 Surakarta
meliputi: (a) melakukan supervisi, baik secara personal maupun kelompok, (b) Teknik yang
digunakan adalah secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtive), (c) Aspek
penilaian dalam supervisi adalah presensi guru, kinerja guru di sekolah, perkembangan siswa, RPP,
dan silabus. (d) menggunakan format Daftar Penilaian Pekerjaan (DP3).
Dari hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut: (1) untuk kepala SMK Batik 1 Surakarta
ini agar mempertahankan kualitas pendidikan yang diraih dan melakukan studi banding untuk
mencari gagasan yang lebih baik. (2) untuk penyelenggara sekolah lain agar menjadikan sekolah
ini sebagai model atau percontohan, sehingga dapat mencapai prestasi yang sama. (3) untuk
pengambil kebijakan agar segera dilaksanakannya sertifikasi kepala sekolah dan memberikan
otonomi yang lebih luas. (4) untuk peneliti lain agar dilakukan penelitian lebih lanjut yang mampu
mengungkapkan lebih dalam tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan
kinerja guru ditinjau dari media fokus yang lain. Sebab penelitian ini mengandung sejumlah
keterbatasan..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-02
Section
Artikel