DAMPAK PERMAINAN GAME EDUKASI KOMPUTER UNTUK MENGETAHUI PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK

  • Dwi Iskandar
Keywords: Anak, Games, Pendidikan

Abstract

Saat ini banyak orang yang sudah mengenal komputer mulai dari balita, anak-anak, remaja
bahkan dewasa. Dan sekarang juga sangat banyak bentuk dari komputer, orang menggunakan
komputer yang pastinya dengan berbagai alasan, mulai dari alasan sebagai alat bantu pekerjaan,
media belajar bahkan bisa digunakan sebagai alat bantu untuk bermain game.
Dari gagasan tersebut disini penulis ingin melakukan sebuah penelitian yang memiliki
tujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak yang didapat ketika anak-anak yang banyak
menghabiskan waktu bermain (bisa bermain-main dengan teman-teman sebaya di sekolah
ataupun rumah dengan tidak memanfaatkan waktu yang bisa meningkatkan kemampuan anak)
dengan anak yang bisa memanfaatkan sedikit waktu untuk bermain komputer, komputer tablet,
smartphone yang didukung dengan Game edukasi maupun game selain edukasi.
Penelitian ini dilakukan di TK Khalifah 29 dengan alamat Jl. Ceplok no 2, Mangkuyudan,
Solo (0271-713387) dan alamat website www.tkkhalifah-solo.com. Beberapa kesimpulan yang
diperoleh antara lain Sebagian besar peserta didik baik TK A dan TK B sudah mengenal dan
bisa menggunakan Handphone / Komputer / Komputer Tablet, Anak lebih cenderung
berkomunikasi dengan teman dari pada bermain games, Untuk unsur penentu peningkatan mutu
pendidikan berkaitan games edukasi belum tercantumkan dalam raport siswa, sehingga tidak
bisa sebagai pembanding jika anak yang suka bermain games cenderung memiliki nilai yang
baik maupun tidak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-02
Section
Artikel