IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN INSENTIF DOSEN PEMBIMBING DALAM 1 SEMESTER

  • Sofyan Pariyasto Universitas Amikom Yogyakarta
  • Yoga Dwi Pambudi Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: K-Means Clustering, Penentuan Insentif Dosen, Centroid Clustering

Abstract

Proses penentuan upah dalam dunia pendidikan biasanya memiliki aturan tersendiri di setiap masing-masing lembaga pendidikan. Proses penentuan upah biasanya bergantung pada kuantitas atau bandar banyak atau sedikit baik itu jumlah mahasiswa maupun jumlah jam dalam mengajar. Proses penentuan upah terutama insentif yang berdasarkan pada kuantitas dirasakan kurang efektif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Maka dari itu penentuan insentif berdasarkan kualitas mengajar menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Salah satu kendala yang dihadapi untuk untuk menentukan besarnya insentif setiap dosen berdasarkan kualitas dalam melakukan bimbingan adalah sulitnya mengukur prestasi yang dihasilkan oleh seorang dosen pembimbing. Karena sulitnya mengukur kualitas seorang dosen tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengukur kualitas mengajar dalam proses bimbingan seorang dosen, yang mana hal itu nanti akan berpengaruh dengan besarnya insentif yang diterima seorang dosen. Pendekatan yang dilakukan untuk melakukan pengelompokan dosen berdasarkan kualitasnya yaitu menggunakan metode k-means clustering. Dalam metode ini akan dilakukan penghitungan dan pengelompokan masing-masing dosen besarkan kedekatannya. Parameter yang digunakan untuk melakukan penghitungan kualitas dosen yaitu nilai skripsi mahasiswa juga lamanya mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Proses penghitungan dilakukan dengan menghitung nilai score untuk masing-masing dosen kemudian melakukan perhitungan nilai centroid 1, 2 dan 3, lalu dilakukan penghitungan iterasi ke n, hingga nanti didapatkan besarnya insentif masing-masing dosen. Dari proses perhitungan yang dilakukan nantinya akan menghasilkan 3 kelas, yaitu bagus(a), standar(b) dan perlu ditingkatkan(c). Dari hasil perhitungan yang dilakukan didapatkan data untuk rerata kelas 1 yaitu 14.630, kelas 2 yaitu 16.087 dan kelas 3 yaitu 18.425. Rerata centroid yang dihasilkan dari perhitungan ini yaitu untuk kelas 1 sebesar 0,254 untuk kelas 2 yaitu 0,213 dan untuk kelas 3 yaitu 0,708.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-06
Section
Artikel