ANALISIS SENTIMENT TWITTER TERHADAP CAPRES INDONESIA 2019 DENGAN METODE K-NN

  • Abdul Malik Zuhdi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ema Utami Universitas Amikom Yogyakarta
  • Suwanto Raharjo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: Sentimen analisis, Twitter, K-NN, Capres

Abstract

Twitter adalah media sosial di mana banyak orang dari seluruh dunia dapat mengungkapkan pendapat mereka. Di Twitter masyarakat ramai berbincang tentang pemilihan pilpres 2019, sehingga  bermunculan opini yang bersifat positif maupun negatif tentang calon presiden. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat membantu riset atas opini masyarakat yang mengandung sentimen positif, negatif dan netral. Tahapan penelitian dilakukan dengan pengumpulan data tweet, preprosesing, tokenisasi, penentuan class atribut, load directory, determine sentiment, kemudian dilanjutkan klasifikasi, dengan pengujian nilai k dan pengujian confusion matrix. Dari hasil penelitian dan pengujian, metode K-NN memiliki tingkat akurasi klasifikasi sentimen mencapai 83,33%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-06
Section
Artikel