CHATBOT MENGGUNAKAN METODE FUZZY STRING MATCHING SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT PADA PUSAT LAYANAN INFORMASI AKADEMIK

  • Marwan Noor Fauzy Universitas Amikom Yogyakarta
  • Kusrini Kusrini Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: Neural Language Programming, Fuzzy String Matching, Chatbot, Virtual Assistant, Pelayanan Informasi Akademik

Abstract

Pusat pelayanan informasi merupakan hal yang penting karena sebagai gerbang informasi. Pencarian informasi pada saat ini masih menggunakan cara manual yaitu dengan datang langsung ke tempat dimana informasi itu berada padahal dengan memanfaatkan teknologi cara-cara seperti itu dapat ditinggalkan yaitu dengan penerapan kecerdasan buatan dengan metode NLP (Neural Language Programming). Metode NLP yang dapat diterapkan pada kasus ini yaitu perancangan chatbot. Chatbot merupakan terapa dari metode NLP yang melakukan percakapan melalui metode tekstual. Chatbot sering digunakan dalam sistem dialog untuk berbagai tujuan praktis termasuk layanan informasi. Pada saat ini banyak chatbot saat ini tidak efisien dalam menghasilkan hasil yang diperlukan dengan cepat, yaitu walaupun memberikan hasil yang cepat namun jawaban dari chatbot sering tidak tepat. Logika Fuzzy merupakan peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Di mana logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah binary (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak). Dengan menambahkan metode fuzzy string matching digunakan untuk melakukan pencarian dan pencocokan string dan diharapkan dapat mempercepat pada bot untuk memberikan jawaban yang lebih cepat.Pada penelitian ini diharapkan dapat mempermudah user untuk mempermudah informasi akademik dan mendapatkan informasi yang lebih tepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-05
Section
Artikel