PEMANFAATAN TEORI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN (CRM) UNTUK PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DI PERGURUAN TINGGI

  • Kanafi Kanafi Universitas Amikom Yogyakarta
  • Kusrini Kusrini Universitas Amikom Yogyakarta
  • Emha Taufiq Luthfi Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: Customer Relationship Management, Service Quality, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta  mengakibatkan setiap perguruan tinggi harus dapat mengelola institusinya secara professional dan berkualitas. Setiap Perguruan Tinggi  melakukan berbagai upaya yang bertujuan menghadapi persaingan, guna mendapatkan pengakuan kualitas dari masyarakat dan pemerintah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemenristekdikti telah memberikan tuntunan agar  sebuah institusi pendidikan dapat memiliki mutu yang baik, diminati banyak calon mahasiswa, sampai dengan daya saing yang tinggi tertuang dalam standarisasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. STMIK Bina Patria merupakan perguruan tinggi yang jurusannya  khusus dibidang teknologi informasi saat ini mempunyai beberapa fasilitas pelayanan sistem informasi diantaranya sistem informasi akademik, sistem informasi Website, sistem informasi perpustakaan, sistem informasi administrasi, sistem informasi Penerimaan Mahasiswa Baru dll. Namun saat ini di perguruan Tinggi ini belum diketahui model customer relationship dan belum pernah melakukan surve tentang tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan yang mereka terima. Sehingga perlu dilakukannya surve tingkat kepuasan dengan pendekatan Customer Relationship Management menggunakan kerangka Service Quality, dan melalui uji validitas dengan metode Bivariate Pearson dan Uji Reliabilitas dengan metode Crobach Alpha. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi strategi peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-05
Section
Artikel