SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KARYAWAN BERPRESTASI PADA PT. ABC DENGAN METODE SAW

  • Hery Nurmawan Universitas Amikom Yogyakarta
  • Yulita Fatma Andriani Universitas Amikom Yogyakarta
  • Kusrini Kusrini Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: SAW, Kriteria, Penilaian karyawan terbaik

Abstract

Suatu perusahaan dapat berkembang dengan pesat jika didukung oleh kualitas  sumber daya manusia yang baik.. Kualitas sumber daya manusia yang  baik dapat meningkatkan produktivitas kinerja perusahaan. Maka dari itu diperlukan evaluasi penilaian kinerja karyawan. Dengan penilaian kinerja maka akan diketahui prestasi setiap karyawan. Saat ini PT. ABC memiliki empat divisi yang terdiri dari divisi software development, divisi isnternet service provider, divisi marketing dan divisi infrastruktu. PT. ABC masih menggunakan cara manual dalam mengevaluasi kinerja karyawan. Penilain yang dilakukan masih berdasarkan absensi.

ABC mempunyai aplikasi E-office, dimana aplikasi tersebut mempunyai beberapa fungsi seperti presensi, data karyawan, record pekerjaan dan planning pekerjaan. Saat ini PT. ABC belum memiliki aplikasi yang berfungsi untuk menilai kinerja karyawan. Maka dari itu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan dengan metode SAW (Simole Additive Weighting) untuk mempermudah penilaian kinerja karyawan setiap secara objektif berdasarkan bobot dan kriteria penilaian yang telah ditentukan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat menampilkan daftar karyawan terbaik setiap divisi. Dari proses DSS tersebut dapat diketahui karyawan terbaik setiap divisi. Utnuk Divisi Maketing mempunyai karyawan terbaik dengan nilai tertinggi yaitu 14 poin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-05
Section
Artikel