PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA

  • Edy Susena Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: perencanaan, strategis, sistem, informasi

Abstract

Tanpa memiliki Teknologi Informasi yang cukup memadai, sulit bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya. Oleh karena itu perlu dilakukannya suatu investasi Teknologi Informasi untuk memperbaiki efektifitas kerja. Dalam hal ini, teknologi informasi telah menjadi kebutuhan pokok bagi erguruan tinggi untuk bertahan dan meraih keunggulan kompetitif. Namun sisi lain ada beberapa hal yang menjadi kendala yaitu investasi teknologi informasi membutuhkan biaya yang relatif besar. Kondisi ini membutuhkan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan teknologi informasi. Selain itu juga membutuhkan tata kelola yang baik agar memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal bagi suatu organsiasi.
Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah: Untuk menghasilkan perencanaan strategis sistem informasi manajemen di Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) Politeknik Indonusa Surakarta sehingga akan meningkatkan pelayanan dan kinerja di unit ini. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah action research (penelitian tindakan) dengan metode Analisis Ward and Peppard. Pengumpulan data menggunakan: metode observasi, metode wawancara, metode kuisioner, metode studi pustaka. Luaran dari Penelitian ini adalah : Publikasi ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal ber-ISSN.
Penelitian ini menghasilkan Rencana Strategis Sistem Informasi Manajemen di Unit Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (UPPM) Politeknik Indonusa Surakarta. Adapun road map yang akan direncanakan dalam waktu 3 tahun ke depan adalah: (1). Pengembangan Website, (2). Pengembangan biodata dan riwayat penelitian dan pengabdian secara online, (3). Pengelolaan jurnal secara online (Online Jurnal System), (4). Penerimaan Proposal Secara Online.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-04
Section
Artikel