PROTOTYPE TEKNOLOGI GARIS START DAN FINISH BERBANTUAN LIGHT DEPENDENT RESISTOR DAN LASER BERBASIS ARDUINO UNO R3

  • Wachid Yahya Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Prototype, teknologi garis start dan finish, LDR, laser, arduino UNO R3

Abstract

Ajang lomba dayung tradisional menjadi hiburan yang menarik dikalangan masyarakat nelayan di pesisir pantai utara pulau jawa. Permasalahan yang sering muncul dalam lomba dayung tradisional ini yaitu terjadi pada saat melakukan start dan saat finish. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype teknologi garis start dan finish pada lomba dayung tradisional.

Pada penelitian ini, metode yang digunakan meliputi tahap perancangan, pembuatan dan pengujian. Desain perancangan menggunakan bantuan software proteus versi 7.7 SP2 Pro. Pembuatan program pada mikrokontroler dikerjakan dengan menggunakan bantuan software Arduino IDE versi 1.5.8.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu prototype teknologi garis start dan finish meliputi pengujian hardware, pengujian pada program mikrokontroler, pengujian sensitivitas Light Dependent Resistor didapatkan sistem elektronika bekerja dengan baik sesuai perencanaan. Pengujian pada hardware didapatkan bahwa komponen dan koneksi terhadap soket pada kabel penghubung menempel dengan kuat serta casing pada modul tahan terhadap percikan air. Sensitivitas LDR (light dependent resistor) sangat baik pada saat mendapatkan cahaya dari lampu laser tepat mengenai pada permukaan bagian tengah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-07
Section
Artikel