APLIKASI DETEKSI KESESUAIAN PEKERJAAN BERDASARKAN TES KEPRIBADIAN BERBASIS MOBILE

  • Vihi Atina Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Faulinda Ely Nastiti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Vita Aryadi Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: ESDLC, Tes Kepribadian, MBTI, Mobile, White Box, Black Box

Abstract

Kepribadian seseorang  berpengaruh  terhadap  kinerja yang dimiliki, dengan penempatan yang sesuai dengan bakat dan potensi akan dapat metingkatkan produktivitas kerja. Tes kepribadian merupakan sistem yang bisa digunakan untuk melihat kecocokan seseorang di suatu bidang tertentu. Seseorang yang ingin mengetahui kesesuaian pekerjaan berdasarkan kepribadian memiliki kendala karena harus menemui seorang pakar sehingga perlu adanya aplikasi deteksi keseuaian pekerjaan berdasarkan tes kepribadian.

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi berbasis mobile yang dapat membantu seseorang sebagai sarana deteksi kesesuaian pekerjaan berdasarkan tes kepribadian. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah ESDLC (Expert System Development Life Cycle). Analisis kepribadian menggunakan tes MBTI (Myer Briggs Type Indicator). Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML.

Hasil aplikasi terdiri dari 2 fitur utama yaitu tes kecerdasan dan tes kepribadian MBTI. Dari hasil aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui pekerjaan sesuai dengan kepribadian. Hasil pengujian white box menunjukkan bahwa basis path dan nilai Cyclomatic Complexity-nya sudah benar. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa semua skenario pengujian aplikasi dinyatakan berhasil.  Hasil pengujian validasi menunjukkan bahwa hasil manual dan hasil sistem memiliki kesesuaian atau memiliki hasil yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-07
Section
Artikel