PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA ONLINE (PORTAL MEDIA) DALAM PENULISAN BERITA DI ERA DISRUPSI 4.0 DI KWARTIR CABANG PRAMUKA KABUPATEN KARANGANYAR

  • Norma Puspitasari Politeknik Indonusa Surakarta
  • Wiwit Supriyanti Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: era disrupsi 4.0, media, berita

Abstract

Media merupakan salah satu wadah dari sebuah penyampaian berita, melalui media sebuah informasi dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat. Saat ini media menjadi salah satu sumber utama dari suatu informasi yang diterima oleh masyarakat, oleh karena itu sangat rentan dengan berita – berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan atau biasa disebut hoaks. Media yang disediakan terdiri dari media offline dan media online. Dalam disruption era 4.0 dimana semua sudah diarahkan kepada suatu kecanggihan teknologi, hal ini membuat kalangan masyarakat harus sadar akan inovasi dan kreasi. Jika tidak berinovasi maka akan tergerus oleh arus disrupsi, kalangan milenia harus mampu dalam memberikan sentuhan inovasi dalam menulis suatu artikel atau berita. Media offline seperti hal nya media cetak sudah sangat ditinggalkan oleh masyarakat semua sudah begeser pada media online yang bisa diakses dimana saja. Instagram, facebook, twiter dan blog merupakan beberapa media online yang digunakan oleh masyarakat untuk mencari informasi dan memberikan informasi, oleh karena itu supaya masyarakat dapat mencari dan memberikan informasi kepada orang lain dibutuhkan suatu kesadaran pemanfaatan media online tersebut dalam menulis sebuah berita atau informasi di era disrupsi 4.0.

Peserta dari kegiatan ini adalah Anggota Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Karanganyar yang memiliki potensi untuk memanfaatkan media online dalam membuat suatu portal media.

Adapun tujuan program PKM ini adalah: (1) Untuk meningkatkan pengetahuan anggota kwartir cabang pramuka kabupaten karanganyar mengenai era disrupsi 4.0 . (2) Untuk memberikan pengarahan mengenai pemanfaatan portal media dalam menulis berita atau informasi.

Kesimpulan dari program PKM ini yaitu kegiatan ini mampu membantu anggota Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Karanganyar  untuk: (1) mengetahui tentang era disrupsi 4.0 . (2) memanfaatkan portal media dalam menulis berita di era disrupsi 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-07
Section
Artikel