PROTOTYPE ALAT MUSIK TRADISIONAL MELALUI SIMULASI BERMAIN SARON

  • Joni Maulindar Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Dison Librado STMIK AKAKOM Yogyakarta
Keywords: Simulasi, Tradisional, Saron

Abstract

Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang dibutuhkan antara lain cara memainkan alat musik saron, not-not lagu pada alat musik saron dan referensi lagu yang dapat dimainkan melalui alat musik tradisional saron. Pembuatan prototype simulasi alat musik saron merupakan pengembangan dari cara lama dalam mempelajari permainan alat musik saron yaitu melalui pembelajaran langsung pada pemain lain yang sudah mahir. Melalui pengembangan simulasi ini, masyarakat yang ingin mempelajari permainan saron dapat melihat langsung cara memainkannya secara berulang-ulangsampai benar-benar paham. Konsep ini digunakan agar masyarakat dapat lebih mudah dalam mempelajari alat music saron.

Penelitian ini menggunakan metode prototyping, simulasi akan menampilkan visualisasi langsung menggunakan alat pukul sehingga masyarakat lebih dapat memahami permainan ini. Selain itu, referensi sejumlah lagu disiapkan untuk dapat dipelajari lebih lanjut dan lebih banyak memberikan referensi lagu yang akan dipelajari.

Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk semua kalangan yang ingin mempelajari penggunaan alat musik tradisional khususnya saron agar semakin banyak lagi orang yang dapat memainkan alat musik tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-07
Section
Artikel