PERANCANGAN APLIKASI DATA MINING UNTUK MENENTUKAN LOYALITAS CUSTOMER DI PT. NIAGA CITRA AMPLASINDO
Abstract
Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan para pelakunya harus selalu memikirkan cara-cara untuk terus bertahan dan jika mungkin mengembangkan skala bisnis. PT.Niaga Citra Amplasindo ( NCA) bergerak di bidang penjualan produk mebel, PT. NCA menjual bahan baku mebel ke pabrik-pabrik yang sudah terjalin kerjasama. Perusahaan dapat mengetahui tingkat loyalitas customer dan customer dengan loyalitas rendah perusahaan melakukan aksi penawaran pada customer tersebut untuk mempertahankan usahanya agar customer tidak sepi.
Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi data mining ini dengan algoritma K-mean Clustering. Variabel yang digunakan untuk menghitung algoritma K-mean Clustering yaitu data yang diambil dari jumlah purchase order pada customer tertentu dan banyaknya customer order pada periode tertentu. Pengelompokan cluster berdasarkan data penjualan purchase order yang dibagi menjadi 3 claster yaitu customer / pabrik dengan loyalitas tinggi, sedang dan rendah. Dari variabel-variabel tersebut dibuatlah clustering untuk menentukan loyalitas customer pada PT. Niaga Citra Amplasindo dan dapat dijadikan bahan evaluasi pemilik PT. Naiga Citra Amplasindo unuk lebih memperhatikan customer yang makin lama makin sedikit pemesanannya.
Dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, meliputi : perancangan sistem, perancangan basis data, simulasi dengan Rapid Miner, dan pengujian algoritma dengan perhitungan manual. Berdasarkan simulasi dengan Rapid Miner dan pengujian algoritma dengan perhitungan manual diperoleh hasil yang sama yaitu : loyalitas tinggi 2 anggota, loyalitas sedang 8 anggota, dan loyalitas rendah 22 anggota.