SISTEM PAKAR PENYAKIT DEMAM BERDARAH MENGGUNAKAN DEPTH FIRST SEARCH DAN CERTAINLY FACTOR

  • Yudha Christianto F Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Yudha Christianto F Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Uli Rizki Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Muhamad Riza Eko Universitas AMIKOM Yogyakarta
Keywords: DBD, Certainty Factor, DFS

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, terutama Aedes aegypti. Demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sudah banyak menimbulkan korban. Indonesia menempati peringkat ke dua negara endemis demam berdarah.

Artificial Intelegent merupakan bidang teknologi yang bisa dimanfaatkan sebagai media konsultasi pasien terhadap gejala penyakit DBD. Dalam AI, terdapat banyak metode dan algoritma yang bisa digunakan untuk menunjang ketepatan dan kecepatan dalam mendignosis penyakit DBD layaknya seorang pakar. Depth First Search menjadi salah satu algoritma untuk mempercepat dalam menemukan konklusi atas gejala-gelaja yang dialami oleh pasien. Namun, kecepatan dalam menemukan konklusi bukan menjadi jaminan tingkat kepercayaan atau ketepatan diagnosis. Untuk itu, tingkat akurasi akan dihitung menggunakan Certainty Factor.

Dengan menggunakan Depth First Search dan Certainty Factor akan menghasilkan tingkat akurasi diagnosis dapat ditampilkan nilai presentase. Selain itu, pasien lebih mudah menggunakan karena tidak harus mengisi semua gejala yang harus ditampilkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-06
Section
Artikel