PEMODELAN SISTEM INFORMASI KALENDER AKADEMIK UNTUK MONITORING PROSES BELAJAR MENGAJAR PERGURUAN TINGGI

  • Tanto Tanto Politeknik Jambi
  • Sigit Kurniawan Politeknik Jambi
Keywords: Sistem Infomasi, UML, SIMKA

Abstract

Perguruan tinggi mempunyai tugas pokok yaitu menjalankan tridarma salah satunya yaitu pendidikan, tugas pokok yang harus dijalankan dan jadwalkan, dalam perguruan tinggi disebut dengan kalender akademik. Untuk menjalankannya perlu sebuah sistem informasi monitoring yang bertujuan untuk memonitor  kalender akademik. Proses pengembangan sistem informasi membutuhkan alat bantu yang disebut dengan pemodelan, yang akan terlihat bagaimana masterplan sebuah sistem informasi dan mempermudah memahami sebuah sistem informasi yang akan dibuat. Pemodelan dapat dilakukan dengan cara pemodelan visual menggunakan unified modeling language (UML). Untuk itu penelitian ini melakukan pemodelan Sistem Informasi Kalender Akademik Untuk Evaluasi Proses Belajar Mengajar Perguruan Tinggi. Prosedur pelaksanaan dimulai dari menentukan spesifikasi sistem informasi berdasarkan kebutuhan pengguna, dilanjutkan dengan pembuatan pemodelan sesuai spesifikasi.

Hasil akhir didapat yaitu sebuah prototype sistem informasi yang dapat data kalender akademik di input oleh admin pada server kemudian oleh server akan ditampilkan di monitor sebagai informasi kegiatan akademik yang harus dilaksanakan pada waktu itu, berikut status kegiatan apakah dalam kondisi “terjadwal, ditunda, telaksana atau gagal”. Sedangkan dengan aplikasi client yang dirancang, memungkinkan semua unit yang terkait dengan jadwal akademik dapat memverifikasi kegiatan yang telah dilakukannya sehingga status kegiatan yang ditampilkan pada monitor akan berubah. Jika data yang diinputkan pada server sesuai dengan waktu yang ada pada Standar Operational Prosedure (SOP) untuk tiap kegiatan akademik maka secara tidak langsung Sistem Informasi Kalender Akademik dapat digunakan untuk memonitoring pelaksanaan penjaminan mutu internal Perguruan Tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-06
Section
Artikel