PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN KINERJA PASAR (Studi Empiris pada High Tech dan Low Tech Industri)

  • Junaedi Junaedi Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Modal intellectual, kinerja keuangan, pertumbuhan perusahaan, kinerja pasar

Abstract

Perkembangan ekonomi dan teknologi informasi saat ini membawa dampak pada perubahan pengelolaan suatu bisnis dan penentuan strategi bersaing. Para pelaku bisnis menyadari bahwa kemampuan bersaing saat ini tidak hanya terletak pada  kepemilikan aktiva berwujud, tetapi lebih pada inovasi, sistem informasi, pengelolaan organisasi dan sumber daya manusia yang dimilikinya. Aset pengetahuan sebagai salah satu bentuk asset tak berwujud saat ini menjadi titik berat perhatian perusahaan untuk meningkatkan kemampuannya dalam bersaing dan meningkatkan kinerja, salah satu dari aset pengetahuan adalah modal intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual terhadap kinerja perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan kinerja pasar pada perusahaan manufaktur berteknologi tinggi (High Tech) dan berteknologi rendah (Low Tech) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011, 2012, 2013, 2014 dan 2015. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS).

Berdasarkan hasil analisis PLS terhadap perusahaan manufaktur high technology menunjukkan bahwa modal intelektual (IC) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, pertumbuhan dan kinerja pasar.  Hasil analisis pada perusahaan low technology menunjukkan bahwa modal intelektual berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan low technology, sedangkan terhadap pertumbuhan dan kinerja pasar tidak berpengaruh secara signifikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-28
Section
Artikel