RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN BERBASIS MULTIUSER DI POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA MENGGUNAKAN ANALISA PIECES DAN METODE WATERFALL

  • Wahyu Wijaya Widiyanto Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Sistem, Informasi, Kepegawaian

Abstract

Proses pendataan data kepegawaian yang dilakukan BAUK masih menggunakan sistem manual yaitu dengan cara mengumpulkan dokumen dari pegawai dan menyimpannya dalam sebuah tempat almari penyimpanan. Permasalahan yang terjadi dan dialami BAUK dalam memproses data kepegawaian di Politeknik Indonusa saat ini adalah apabila ada data pegawai yang dibutuhkan, maka BAUK mencarinya satu-persatu di dalam almari penyimpanan sehingga membutuhkan waktu relatif lama. Belum lagi jika ada data yang kurang atau hilang, BAUK harus menghubungi pegawai yang bersangkutan untuk menyerahkan data yang diminta, jika pegawai ada di tempat BAUK bisa mendapatkan data yang diminta secara cepat, namun apabila pegawai yang bersangkutan di luar kota karena cuti, atau tugas luar maka BAUK harus menunggu sampai pegawai tersebut datang.

Sistem Informasi Kepegawaian di Politeknik Indonusa Surakarta dibangun guna membantu pengolahan data kepegawaian menjadi cepat, tepat, dan akurat. Dengan cara menganalisis sistem kepegawaian lama. Analisa yang dilakukan peneliti adalah analisa PIECES. Sedangkan aplikasi yang digunakan adalah bahasa pemrograman Delphi 7, database MySQL. Untuk pengembangan sistem menggunakan metode waterfall.

Setelah menganalisa sistem lama, hasil datanya digunakan sebagai acuan untuk membantu sistem informasi kepegawaian berbasis komputerisasi yang mampu menangani pengolahan data pegawai. Sehingga tujuan utama membantu pengolahan data pegawai menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat tercapai. Melalui sistem informasi kepegawaian, penggunaan sistem informasi lebih maksimal, dimana dalam operasionalnya membantu BAUK dalam memproses data kepegawaian secara cepat, tepat, dan akurat serta lebih terotomatisasi sehingga kinerja BAUK akan dapat terpenuhi seperti harapan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-28
Section
Artikel