Evaluasi Penerimaan Mobile Aplikasi Mandiri Online Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Metode UTAUT II (Studi Kasus: Bank Mandiri Cabang Solo)

  • Elvina Wahyuningsih Universitas Amikom Yogyakarta
  • Bambang Soedijono W.A Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Sudarmawan Sudarmawan Universitas AMIKOM Yogyakarta
Keywords: Mobile Banking, Mandiri Online, Aplikasi, Bank MANDIRI, UTAUT I

Abstract

Fenomena layanan digital yang terjadi di Indonesia saat ini sangat menarik. Mobile Banking merupakan layanan digital di bidang perbankan. Layanan dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi keuangan (perbankan) untuk penggunaan teknologi informasi (Mobile Banking). Mobile Banking diartikan sebagai fasilitas bagi nasabah bank untuk dapat melakukan aktifitas perbankan mereka secara lebih leluasa, dimana saja, kapan saja, dan tanpa harus secara fisik mengunjungi bank tersebut. Layanan yang disediakan menyesuaikan mobilitas konsumen. Guna memenuhi harapan konsumen, perbankan melakukan inovasi dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan transaksi, diantaranya dengan fitur ATM, SMS banking, internet banking, phone banking dan mobile banking. Evaluasi sistem informasi merupakan aspek penting dalam menilai keberhasilan implementasi sistem informasi. Tujuan utama evaluasi penerimaan Aplikasi Mobile Mandiri Online terhadap minat Nasabah menggunakan metode UTAUT II yaitu untuk menguji adanya pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value, dan habit terhadap minat nasabah menggunaan mobile banking pada nasabah Mandiri cabang Solo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-16
Section
Artikel