SISTEM INFORMASI PENJUALAN KAMBING DAN PEMESANAN AQIQAH BERBASIS E-COMMERCE PADA UKM HASANAH

  • Intan Oktaviani STMIK Duta Bangsa Surakarta
Keywords: UKM, E-commerce, Black Box

Abstract

Kemudahan dalam bertransaksi sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada era ini.Dengan didukung oleh fasilitas-fasilitas yang memadai seperti smart phone yang hampir setiap orang telah memanfaatkannya. Sehingga sangat dimungkinkan bertransaksi hanya dengan satu device. Kemudahan juga dirasakan oleh pihak produsen dimana pihak produsen dapat memanajemen dan mengelola dimana dan kapan saja mereka ingin melakukannya.

UKM Hasanah adalah usaha rumahan dalam bidang penjualan kambing dan penyedia jasa pemesanan berbagai olahan kambing yang terus berkembang. Dari awal berdiri hingga sekarang pendapatan semakin bertambah dan pelanggan pun diharapkan bukan hanya dari warga sekitar, namun diharapkan dapat berkembang luas. Pencatatan pembukuan yang masih dilakukan secara konvesional, seringkali memunculkan permasalahan dalam upaya untuk mengembangkan usaha. Dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang berbasis e-commerce guna untuk memenuhi kebutuhan baik produsen maupun konsumen.

Dari penelitian yang dilakukan sehinggamenghasilkan sebuah sistem informasi berbasis e-commerce, dimana sistem informasi tersebut dapat digunakan oleh pihak konsumen dan produsen. Sistem informasi tersebut telah dilakukan pengujian dengan metode black box dimana hasilnya adalah sebuah menu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Dan dalam pengujian beta dimana pengujian melibatkan pengguna, hasil yang diperoleh adalah aplikasi telah sesuai dengan yang diharapkan pengguna/ user yaitu dapat berfungsi sesuai tugas dan hak akses masing-masing user.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-28
Section
Artikel