Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Siswa Miskin Metode Teorema Bayes

  • Anisyah Jatu Siti Nurjanah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Mutaqin Akbar Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Bantuan Siswa Miskin, Program Bantuan Siswa Miskin, Teorema Bayes

Abstract

Program Bantuan Siswa Miskin adalah Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan hingga tingkat menengah atas), serta membantu kelancaran program sekolah.

Pada penelitian ini digunakan metode Teorema Bayes. Teorema Bayes adalah teorema yang digunakan dalam statistika untuk menghitung peluang suatu hipotesis. Untuk variabel yang digunakan dalam penghitungan yakni 12 kriteria dan 2 golongan serta bobot-bobot kriteria terhadap masing-masing golongan.

Berdasarkan 50 data yang telah diujikan terhadap kepala sekolah dan sistem, sistem dapat mendeteksi 2 golongan yaitu rekomendasi dan non rekomendasi untuk siswa yang berhak dan tidaknya menerima bantuan siswa miskin dan sesuai dengan validasi kepala sekolah atau wakil kepala sekolah adalah 45 siswa dan yang tidak sesuai adalah 5 siswa. Berdasarkan hasil validasi kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dan sistem, diperoleh akurasi 80% data kasus yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-15
Section
Artikel