Analisa Brand Reputation Wisata Daerah Menggunakan Sentimen Data Twitter (Studi Kasus:Museum Sangiran Kabupaten Sragen)

  • Fendy Prasetyo Nugroho Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Yoga Dwi Pambudi Universitas AMIKOM Yogyakarta
Keywords: Twitter, Analisis Sentimen, Sangiran, Pariwisata, Opini

Abstract

Sektor pariwisata terutama pariwisata daerah di Indonesia masih sangat kurang mendapatkan perhatian baik dari pengelolaan, promosi dan investasi pengembangan. Pada era globalisasi saat ini pemanfaatan teknologi informasi untuk memperkenalkan wisata daerah dapat memberikan pengaruh kepada banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang sama-sama ingin mengeksplor tempat-tempat baru sebanyak mungkin. Tidak hanya bagi wisatawan, kesempatan baru ini juga menjadi sasaran banyak pemodal yang melihat adanya pasar strategis baru. Museum Sangiran merupakan tempat wisata andalan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang menyimpan banyak sejarah perkembangan manusia purba dengan bukti-bukti fosil yang ditemukan disana. Salah satu sosial media yaitu twitter adalah sosial media opini yang berisikan pendapat, pikiran maupun kritikan dari para pengguna terhadap suatu hal yang bebas disampaikan. Pada penelitian ini berfokus pada opini yang muncul mengenai kondisi tempat wisata dan pelayanan di Kawasan wisata Museum Sangiran Kabupaten Sragen dengan menggunakan analisis sentimen data twitter. Harapan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah tingkat efektivitas opini masyarakat pada penggunaan sosial media twitter dalam mempengaruhi perkembangan wisata daerah khususnya Museum Sangiran. Dari hasil analisa yang dilakukan, opini masyarakat yang memanfaatkan media sosial twitter cukup berpengaruh untuk memperkenalkan pariwisata daerah dengan mengelompokkan opini menjadi tiga kategori yaitu opini positif, opini negatif dan opini netral.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-06
Section
Artikel