SISTEM INFORMASI DEALER SETYA JAYA MOTOR SUMBER LAWANG SRAGEN

  • Edy Susena Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: sistem, informasi, dealer

Abstract

Perkembangan teknologi informasi, yang ditandai dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi komunikasi serta transportasi, membuat setiap lembaga / instansi dituntut memiliki infra struktur teknologi informasi, sebagai tuntutan kemajuan zaman. Di era globalisasi sekarang ini, seluruh sistem pelayanan diotomatisasi dengan peralatan yang bersifat efisien dalam waktu dan tenaga. Hal ini diharapkan akan memuaskan keinginan konsumen dan proses permintaan pasar sehingga menjangkau keseluruh bidang kehidupan.

Setya Jaya Motor yang beralamatkan di Sumber lawang Sragen merupakan sebuah dealer sepeda motor yang saat ini berkembang sangat pesat dengan transaksi setiap hari rata – rata 100 transaksi, baik pembelian motor baru, penjualan, pembayaran kredit, maupun transaksi lainnya. Jumlah kendaraan yang readi stok sebanyak 100 unit. Permasalahan yang timbul saat ini adalah proses transakasi masih dilakukan secara manual dengan mesin ketik manual dan tulis tangan. Hal ini menyebabkan pelayanan menjadi lama dan kurang memuaskan pelanggan. Sementara untuk melihat kondisi keuangan dan kondisi stok barang membutuhkan waktu lama. Keuntungan dan kerugian tidak dapat dideteksi dengan cepat.

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi penjualan secara kredit dan cash pada dealer UD. Setya Jaya Motor Sumberlawang Sragen. Kemampuan yang diharapkan dari sistem informasi dealer ini adalah : Dapat mengolah data suplier, data barang, data nasabah, Mengolah dan menyimpan data – data transaksi, Membuat faktur pembelian, membuat perjanjian sewa beli, surat kuasa, surat pengantar titip pajak, Membuat laporan tentang semua data transaksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-28
Section
Artikel