Klasifikasi Kepribadian Pengguna Media Sosial

  • Enie Yuliani Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Ema Utami Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Suwanto Raharjo Institut Sains & Teknologi AKPRIND
Keywords: klasifikasi kepribadian, text mining, prediksi kepribadian media sosial

Abstract

Media sosial merupakan tempat para penggunanya berbagi hal tentang diri mereka dan pandangan hidup penggunanya. Beberapa penelitian yang memanfaatkan media sosial sebagai objeknya telah dilakukan karena menyadari potensi banyaknya informasi yang bisa digali dari media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mungkin melakukan prediksi keribadian berdasarkan media sosial dan melakukan pemodelan klasifikasi kepribadian berdasarkan media sosial. Proses dalam melakukan text mining mulai dari pengumpulan data, pembagian dataset, pre-processing teks, ekstraksi fitur hingga pemilihan algoritma klasifikasi berpengaruh terhadap akurasi prediksi kepribadian yang dilakukan. Memadukan fitur perilaku sosial pengguna media sosial dan fitur linguistik psikologis dapat meningkatkan akurasi dari klasifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-06
Section
Artikel