IMPLEMENTASI DISTRIBUTED DATABASE SEBAGAI DISASTER RECOVERY CENTER

  • Canggih Ajika Pamungkas Politeknik Indonusa Surakarta
  • Edy Susanto Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: recovery, database, homogenous, backup

Abstract

Perkembangan yang begitu cepat dari informasi digital mendorong pertumbuhan sistem dan media penyimpanan data digital. Hampir di setiap penerapan teknologi jaringan komputer yang ada saat ini mampu memberikan solusi dari beberapa permasalahan yang ada pada sebuah sistem komputer. Selain itu seiring penggunaan teknologi tersebut juga dihadapkan pada berbagai kemungkinan terjadinya gangguan pada sistem komputer. Gangguan dapat berupa kehilangan data dari perangkat penyimpanan, tingkat keamanan data yang tidak terjamin, kerusakan komputer, storage dan data corruption yang dapat menyebabkan masalah yang berdampak tidak berfungsinya perangkat penyimpanan dengan semestinya. Politeknik Indonusa Surakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berusaha memberikan pelayanan prima dan berkualitas kepada para mahasiswa. Langkah yang ditempuh oleh Politeknik Indonusa Surakarta untuk merealisasikan keinginan tersebut adalah dengan mengimplementasikan dan memanfaatkan fasilitas tekonologi informasi. Berbagai Sistem sudah dibangun, akan tetapi Politeknik Indonusa Surakarta belum memiliki Disaster Recovery Center (DRC). Apabila operasional lembaga ini terhambat, maka lembaga ini pun akan mengalami penurunan kualitas dalam melayani mahasiswa.

Disaster Recovery Center (DRC) dimplementasikan dengan konsep Distributed Database yang mengimplementasikan replication method. Replication method memiliki peran penting dalam kecepatan akses karena hanya mengirim perubahan yang terjadi dalam database master. Jenis database yang digunakan adalah Homogenous Distributed Database System dan menggunakan topologi ring. Topologi ring memiliki banyak keunggulan antara lain kecepatan dalam pengirimannya yang tinggi, pengaksesan data yang optimal, komunikasi antar terminal mudah, mampu melayani traffic yang padat. Database yang digunakan adalah MySQL yang memiliki Performance tuning dengan kecepatan yang tinggi dalam menangani query.

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang pentingnya Disaster Recovery Plan (DRP) dan harapannya menjadikan lembaga dapat berpikir ulang untuk segera menerapkan DRP. Selanjutnya target khusus adalah melakukan Disaster Recovery Plan (DRP) dengan mengimplementasikan Distributed Database sebagai Disaster Recovery Center (DRC). Hasil yang ingin dicapai adalah menghasilkan Disaster Recovery Center (DRC) yang berperan sebagai backup data jika terjadi permasalahan pada perangkat penyimpanan utama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-28
Section
Artikel