Analisis Sentimen Wisata Jawa Tengah Menggunakan Naϊve Bayes

  • Rifan Ferryawan Universitas Amikom Yogyakarta
  • Kusrini Kusrini Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ferry Wahyu Wibowo Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: pariwisata, sentimen, naive bayes

Abstract

Penerapan teknologi oleh pemerintah dalam meningkatkan industri pariwisata di Jawa Tengah tidak dapat dipisahkan. Melalui media sosial, salah satunya Twitter, pengunjung dapat berbagi informasi dan opini melalui membagikan pesan maupun aktif berkomentar. Informasi seputar fasilitas dan pelayanan pariwisata, pengalaman pengunjung, opini dan foto yang diabadikan di upload dari obyek wisata, dapat dikelola menjadi informasi yang bermanfaat, salah satunya untuk mengetahui peningkatan mutu fasilitas dan pelayanan pada obyek wisata. Penelitian ini dapat digunakan untuk membuat kebijakan yang diberlakukan pada obyek wisata dengan memanfaatkan hasil analisis sentimen. Peneliti menggunakan pendekatan strategi klasifikasi algorima naïve bayes karena merupakan metode sederhana yang kinerjanya mirip dengan pendekatan lain. Berdasarkan penelitianpenelitian yang telah ada, Naïve Bayes menggabungkan efisiensi waktu dan kinerja yang optimal serta cukup akurat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-30
Section
Artikel