Peningkatan Efektivitas Training Calon Operator Kamera TV Berbasis Aplikasi Android

  • Roni Sasongko Universitas Amikom Yogyakarta
  • Arief Setyanto Universitas Amikom Yogyakarta
  • Sudarmawan Sudarmawan Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: mobile learning, kamera televisi, android

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi aplikasi android yang efektif untuk program training calon operator kamera televisi, mengetahui tingkat efektifitas waktu yang dibutuhkan untuk proses training anggota baru stasiun televisi, mengetahui kualitas hasil training dalam segi pengetahuan maupun keterampilan dan memberikan alternatif proses training sehingga lebih mudah dipahami oleh anggota baru stasiun televisi.

Penelitian ini menggunakan anggota MMTC TV sebagai sample. Pengujian aplikasi mobile learning berbasis android menggunakan metode independent samples t test guna mengetahui perbandingan aplikasi yang dapat memberikan tingkat efektivitas ter tinggi dari dua aplikasi yang diuji, yaitu aplikasi android berbasis teks dan berbasis audio. Pengujian tingkat efektifitas training calon operator kamera televisi dilakukan dengan menggunakan metode paired samples t test. Pengujian dilakukan dengan melakukan pretest dan posttest. Pretest dilakukan sebelum calon operator kamera televisi menggunakan aplikasi android sedangkan posttest dilakukan setelah calon operator kamera televisi menggunakan aplikasi android.

Dari hasil pengujian dua aplikasi android berbasis teks dan audio, aplikasi berbasis teks mampu memberikan hasil yang lebih signifikan yang dibuktikan dengan pengujian independent sample t test. Proses training calon operator kamera televisi dengan menggunakan aplikasi android terbukti lebih efektif yang di buktikan dengan uji paired samples t test dimana pengetahuan peserta training meningkat dan waktu yang dibutuhkan dalam proses training semakin singkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-30
Section
Artikel