Analisis Customer Satisfaction Pada Pengguna Platform Digital Shopee

  • Robby Andika Kusumajaya Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer
  • Edwin Zusrony Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer
Keywords: customer satisfaction, e-commerce, shopee

Abstract

Aplikasi belanja online atau e-commerce menjadi sarana baru bagi masyarakat dalam gaya hidup berbelanja dengan media internet sebagai perantaranya. Kepuasan pelanggan dalam berbelanja secara elektronik amatlah diperhatikan oleh toko online untuk memberikan kenyamanan dan keamanan. Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh variabel information quality, financial security dan  system quality terhadap variabel customer satisfaction pada pengguna paltform digital Shopee dengan melibatkan 100 responden mahasiswa jurusan komputer di kota Salatiga. Teknik sampling menggunakan purposive sampling method dan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda yang diolah menggunakan  software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan independent variable memiliki pengaruh signifikan terhadap dependent variable dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hasil penelitian ini dapat menjadi saran kebijakan bagi perusahaan dalam meningkatkan pelayanan untuk mewujudkan kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-19
Section
Artikel