Model Sistem Penjadwalan Proses Belajar Mengajar Menggunakan Algoritma Welch Powell

Studi Kasus:Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta

  • Afu Ichsan Pradana Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rina Arum Prastyanti Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Malika Harsanto Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: algoritma Welch Powell, Sistem, Penjadwalan, Proses belajar-mengajar

Abstract

Pengolahan data untuk menentukan jadwal belajar mengajar diberbagai lembaga pendidikan juga memerlukan sistem digital. Pengetahuan baru tersebut nantinya dapa membantu pihak lembaga pendidikan untuk memaksimalkan penjadwalan dengan susunan terbaik tanpa ada nya unsur subyektifitas. Diketahui dalam proses akademiknya, sistem penjadwalan belajar mengajar pada Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq hingga saat ini masih dibuat secara manual dengan unsur subyektifitas yang cukup tinggi. Dikarenakan hal tersebut maka sangatlah perlu dikembangkannya suatu sistem yang mampu mengatur jadwal belajar dan mengajar serta ujian yang ada pada lembaga pendidikan Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq Surakarta, yang mana sistem tersebut mampu mengakomodasi berbagai pertimbangan yang ditentukan oleh lembaga Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq. Dengan algoritma Welch Powell yang mampu menjadi salah satu pendekatan untuk mengolah jadwal pembelajaran serta pengajaran serta jadwal ujian terbaik. Metode ini memiliki sifat yang fleksibel akan tetapi kuat sebagai konsep dasar dari pengembangan metode pada bagian pembuatan jadwal proses belajar mengajar yang memiliki karakteristik fleksibel tapi juga kokoh sebagai konsep dasar dari pengembangan metode Welch Powell pada bagian pembuatan jadwal proses belajar mengajar. Hasil penelitian menggunakan metode ini yang mana dibuatlah sebuah sistem penjadwalan proses belajar serta mengajar yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-26
Section
Artikel