MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PRAKTIK PENGOLAHAN DATA APLIKASI MELALUI METODE SELF ASSESMENT SHEET (SAS) BAGI SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • Sridadi Sridadi SMK Negeri 1 Jogonalan, Klaten
Keywords: Kemandirian, Model Pembelajaran Self Assesmen Sheet, Hasil belajar, Data Aplikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kemandirian dan hasil belajar siswa
pada praktik pengelolahan data aplikasi melalui metode self assessment sheet (SAS).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas XI AP 2 SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 30 siswa dan
subyek pemberi tindakan adalah peneliti langsung guru Ketrampilan Komputer dan
Pengelolaan Informasi (KKPI).Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
waancara dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan adalah triangulasi data. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar dan hasil
belajar siswa pada praktik pengolahan data aplikasi. Hal ini dapat dilihat dari indikatorindikator
kemandirian yaitu: (1) berfikir kreatif sebelum tindakan 67,90% setelah dilakukan
tindakan 83,30%, (2) Meningkatkan ketrampilan sebelum tindakan 60,00% dan setelah
dilakukan tindakan 80,80%, (3) Pemecahan masalah sebelum tindakan 46,30% setelah
tindakan menjadi 79,20%, (4) Percaya diri yang kuat sebelum tindakan 55,40% setelah
tindakan 71,30% dan (5) Memupuk tangung jawab sebelum tindakan 49,60% dan sesudah
tindakah menjadi 74,60%. Selain itu juga dari hasil belajar siswa dilihat dari tingkat
ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus ketuntasan belajar 70,00%
siklus I menjadi 80,00% dan siklus II menjadi 100,00% (tuntas seluruh siswa). Dengan
demikian peningkatan hasil belajar dari pra seklus ke siklus I sebesar 10,00%, dari siklus I ke
siklus II mengalami peningkatan 20,00% dan dari prasiklus ke siklus II naik sebesar 30,00%.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Self Assesment Sheet dapat
meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-12
Section
Artikel