ANALISIS SEMIOTIK TENTANG KEKUASAAN DAN MASKULINITAS PADA TAMPILAN WEBSITE GUDANG GARAM PRIA PUNYA SELERA

  • Jahid Syaifullah Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Tampilan Visual, Kekuasaan, Maskulinitas

Abstract

Perkembangan dunia bisnis dan industri di Indonesia saat ini mengalami perkembangan
yang semakin pesat. Perkembangan dunia bisnis dan industri menimbulkan adanya persaingan
dalam meraih konsumen. Salah satu langkah untuk menarik hati konsumen, perusahaan
menggunakan media iklan. Iklan Rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam muncul
sebagai upaya untuk mengangkat produk rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam
ditengah persaingan produk-produk rokok sejenis. Banyaknya iklan-iklan tentang rokok
menyebabkan produsen iklan harus membuat berbagai variasi dan inovasi agar iklan yang
diproduksi mampu menimbulkan image tertentu yang mampu diingat oleh masyarakat. Salah satu
image yang ingin ditampilkan pada iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam
adalah representasi maskulinitas dengan penggambaran iklan yang banyak menampilkan sosok
lelaki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kuasa maskulinitas dalam iklan
rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi semiotika komunikasi.
Objek penelitian adalah iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika Roland Barthes.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka disimpulkan : (1) representasi maskulinitas
dalam iklan rokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam terbagi dalam dua representasi
yaitu penampilan fisik laki-laki maskulin dan atribut pendukung yang melambangkan
maskulinitas, (2) representasi penampilan laki-laki maskulin dalam iklan rokok Gudang Garam
dalam Website Gudang Garam \ meliputi dada bidang, rambut cepak, dan sorot mata tajam, (3)
representasi pendukung yang melambangkan maskulinitas dalam iklan rokok Gudang Garam dalam
Website Gudang Garam meliputi atribut kendaraan, sikap pantang menyerah, (3) jenis olah raga
yang dilakukan, (4) penggunaan representasi maskulinitas pada iklan rokok Gudang Garam pada
website Gudang Garam Super oleh pengiklan ditunjukkan untuk menunjukkan produk rokok
Gudang Garam dalam Website Gudang Garam yang memiliki cita rasa lelaki yaitu mantap, serta
ingin menunjukkan image orang yang merokok Gudang Garam dalam Website Gudang Garam
sebagai pribadi laki-laki yang macho, berani, pantang menyerah, dan keras.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-11
Section
Artikel