ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI SIFOSTER XL AXIATA DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi merupakan hal yang penting bagi Sekolah menengah
keatas. Sifoster merupakan salah satu sistem yang mendekatkan dan memberikan informasi kepada
siswa maupun orang tua wali murid tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sekolah.
Penelitian ini termotivasi untuk menganalisis penggunaan Sifoster di SMK Muhammadiyah
Magelang dengan mengadopsi model UTAUT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji
faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi informasi dan pengaruhnya terhadap
penerapan teknologi informasi sifoster dengan model yang diajukan oleh Venkatesh, et al. (2003)
yaitu model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT).
Penelitian ini menggunakan sampel guru dan TU di SMK Muhammadiyah Magelang.
Penentuan sampel dilakukan dengan metode Slovin. Data dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner yang disebarkan kepada guru dan TU di SMK Muhammadiyah Magelang. Sedangkan
analisa data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS.
Hasil analisis menunjukkan bahwa behavioral intention secara signifikan dipengaruhi oleh
performance expectancy, social influence, dan Hedonic Motivation. Di sisi lain, Use Behavior
secara signifikan dipengaruhi oleh facilitating conditions, sedangkan faktor effort expectancy
ditemukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention.