ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK INSTITUSI PENDIDIKAN MENENGAH

  • Masrudin1 Wing Wahyu Winarno2
Keywords: ICT for Education, COBIT, ICTE-MM, Maturity Level

Abstract

Permasalahan dalam pemanfaatan TIK adalah rendahnya pemanfaatan dan penyebarluasan
TIK dalam bidang pendidikan, sehingga direkomendasikan untuk stakeholder, perlunya upayaupaya
terobosan untuk lebih mendorong pemanfaatan TIK di bidang pendidikan (Renstra 2010-
2014 Kemendiknas).
ICT in School Education Maturity Model (ICTE-MM) adalah sebuah model untuk mengukur
tingkat kematangan penggunaan TIK di institusi pendidikan menengah. Model ini mengusulkan
bahwa untuk menilai kematangan penggunaan TIK di institusi pendidikan menengah, dapat diukur
melalui Critical Variable (CV) yang diturunkan dari 5 domain utama yaitu management,
infrastruktur, administrator, teacher, dan student. COBIT dirancang sebagai alat penguasaan IT
yang membantu dalam pemahaman dan memanage resiko, manfaat, serta evaluasi yang
berhubungan dengan IT, COBIT mengatur masalah obyektif yang harus dicapai oleh sebuah
organisasi dalam memberikan layanan IT.
Dengan melakukan pengukuran tingkat kematangan menggunakan ICTE-MM, maka dapat
diketahui tingkat kematangan penggunaan TIK di institusi pendidikan menengah saat ini, dan yang
diharapkan untuk kemudian diambil tindakan berupa rekomendasi perbaikan yang disusun
berdasarkan acuan hasil pemetaan ICTE-MM dengan COBIT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-04
Section
Artikel