Current Issue

Vol 5 No 2 (2019): Juni

Pembaca yang terhormat,
Jurnal INFORMA merupakan jurnal ilmiah bidang ilmu Komputer dan Informatika bersifat terbuka yang memuat tulisan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi D3 Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember.
Dalam terbitan ini memuat 12 artikel hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Artikel pertama berjudul Analisis Sentiment Twitter Terhadap Capres Indonesia 2019 Dengan Metode K-NN yang ditulis oleh Abdul Malik Zuhdi, Ema Utami, dan Suwanto Raharjo. Artikel keduaberjudul Aplikasi Penghitung Jarak Koordinat Berdasarkan Latitude Dan Longitude Dengan Metode Euclidean Distance Dan Metode Haversine yang ditulis oleh Canggih Ajika Pamungkas. Artikel ketiga berjudul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Programmer yang ditulis oleh Joni Maulindar dan Dyah Aprimavista Cahyani. Artikel keempat berjudul Implementasi Discrete Wavelet Transform (Dwt) Dan Discrete Cosine Transform (DCT) Pada Steganografi Citra Medis yang ditulis oleh Muhamad Fatahillah Z, Ema Utami, dan Suwanto Raharjo. Artikel kelima berjudul Prediksi Curah Hujan Menggunakan Metode Anfis (Studi Kasus: Kabupaten Hulu Sungai Utara) yang ditulis oleh Muhammad Fajrian Noor, Ajie Kusuma Wardhana, Ema Utami, dan Eko Pramono. Artikel keenam berjudul Implementasi Metode Profile Matching Dan Topsis Dalam Pemilihan Ketua OSIS yang ditulis oleh Prabowo Budi Utomo, Zul Hisyam, dan Kusrini. Artikel ketujuh berjudul Implementasi Metode Topsis Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Toko Pada Perusahaan Retail yang ditulis oleh Reflan Nuari, Yudha Chirstianto F, dan Kusrini. Artikel kedelapan berjudul Sistem Pakar Deteksi Penyakit Tipes, DBD, Campak Dan Diare Dengan Metode Backward Chaining yang ditulis oleh Robi Wariyanto Abdullah, Fendy Prasetyo Nugroho, dan Kusrini. Artikel kesembilan berjudul Implementasi K-Means Clustering Untuk Menentukan Insentif Dosen Pembimbing Dalam 1 Semester yang ditulis oleh Sofyan Pariyasto dan Yoga Dwi Pambudi. Artikel kesepuluh berjudul Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Padi Dengan Metode Bayes yang ditulis oleh Sri Wulandari, Muhammad Fajrian Noor, Kusrini, dan Ajie Kusuma Wardhana. Artikel kesebelas berjudul Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Naive Bayes Untuk Pemilihan Dosen Pembimbing yang ditulis oleh Uli Rizki, Abdul Malik Zuhdi, dan Kusrini. Artikel terakhir berjudul Arsitektur Sistem Informasi Akademik Terintegrasi Berbasis Cloud Computing yang ditulis oleh Yoga Dwi Pambudi, Reflan Nuari, Marwan Noor Fauzy dan Hanafi.
Tim redaksi mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi para penulis atas kepercayaan kepada kami untuk menerbitkan hasil karyanya. Semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang dan implementasi masyarakat.

Ketua Dewan Editor

Ketua Dewan Editor Jurnal INFORMA
Sekretariat Program Studi D3 Manajemen Informatika
Politeknik Indonusa Surakarta
Kampus Politeknik Indonusa Surakarta
Jl. KH. Samanhudi No. 31 Mangkuyudan Surakarta
Telp : 0271-743479
Fax : 0271-743479
Email : informa@poltekindonusa.ac.id

Published: 2019-06-29

Articles

View All Issues